About Us

This slideshow requires JavaScript.

Bendungan Jatiluhur (Jatiluhur Dam) adalah salah satu bendungan besar yang ada di Indonesia. Bendungan ini mempunyai nama resmi Bendungan Ir.H.Djuanda. Panjang bendungan 1,2 Km membendung aliran Sungai Citarum. Dibangun mulai Tahun 1957 dan mulai beroperasi pada Tahun 1967 setelah diresmikan oleh Presiden Soeharto. Masyarakat lebih mengenal bendungan ini dengan sebutan Bendungan Jatiluhur. Jatiluhur sendiri adalah nama kecamatan tempat bendungan ini berada. Kecamatan Jatiluhur merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat- Indonesia. Lokasi bendungan ini dapat dilihat pada peta berikut (peta diunduh dari google map) :

peta 3 waduk

Lokasi Bendungan Ir.H.Djuanda

Bendungan Ir. H. Djuanda

Berjarak kurang lebih 100 Km arah Tenggara Jakarta dan 60 Km arah Barat Laut Bandung, Bendungan Ir. H. Djuanda merupakan bendungan tipe urugan batu dengan inti tanah liat miring (Rock Fill with Inclined Clay Core). Memiliki empat buah bendungan pelana (saddle dam), yaitu Bendungan Pelana Pasir Gombong Barat, Pasir Gombong Timur, Ciganea dan Ubrug. Letak keempat bendungan pelana tersebut dapat dilihat pada peta situasi berikut ini.

Lokasi Bendungan Utama Ir.H.Djuanda, Bendungan Pelana Ubrug, Ciganea dan Pasir Gombong

Bangunan pelimpah utama berbentuk menara tipe morning glory, yang dibagian bawahnya juga berfungsi sebagai ruang pembangkitan (power house). Untuk membantu apabila terjadi kekurangan pasok air ke hilir melalui pembangkit, disediakan juga dua buah saluran suplesi irigasi (hollow jet valve) pada elevasi +49 m.dpl. Berdasarkan hasil pemeruman tahun 2000, volume tampungan pada TMA +107 m dpl (normal pool level) sebesar 2.448 juta m3 dengan luas genangan seluas 81,3 Km2.

 

Foto Waduk Ir.H.Djuanda

Bendungan ini mulai dibangun pada tahun 1957 dan selesai tahun 1967 di Sungai Citarum, dengan luas keseluruhan daerah tangkapannya (catchment area) seluas 4.500 Km2, sedangkan luas daerah tangkapan yang langsung ke waduk setelah dibangun Bendungan Saguling dan Cirata di hulunya menjadi 380 Km2.

Bendungan Ir. H. Djuanda merupakan bendungan multiguna (multipurpose dam), dengan fungsi sebagai pembangkit listrik dengan kapasitas terpasang 187,5 MW, pengendalian banjir di Kabupaten Karawang dan Bekasi, irigasi untuk 242.000 hektar sawah di kawasan pantai utara Jawa Barat, pasok air untuk rumah tangga, industri dan penggelontoran kota, pasok air untuk budidaya perikanan air payau sepanjang pantai utara Jawa Barat seluas 20.000 hektar, dan pariwisata.

Bendungan Pelana Pasir Gombong

Bendungan Pelana Pasir Gombong merupakan bendungan tipe Homogenous Earth Fill dengan penutup menggunakan batu andesit dan di beberapa tempat menggunakan Chimney Drain. Elevasi puncak bendungan pelana +114,5 m.dpl. Bendungan Pelana Pasir Gombong terdiri dari dua bendungan yaitu : Bendungan Pelana Pasir Gombong Barat dengan panjang 1.950 m, tinggi maksimum 19,0 m dan Bendungan Pelana Pasir Gombong Timur dengan panjang 400 m, tinggi maksimum 15,0  m. Berikut ini disajikan citra satelit Bendungan Pelana Pasir Gombong Timur dan Barat.

 

Citra satelit Bendungan Pelana Pasir Gombong Timur 18 Sep 2009 (Sumber : Google Earth)

Citra satelit Bendungan Pelana Pasir Gombong Barat 18 Sep 2009 (Sumber : Google Earth)

Bendungan Pelana Ciganea

Bendungan Pelana Ciganea merupakan bendungan tipe Homogenous Earth Fill sama dengan Bendungan Pelana Pasir Gombong dengan penutup menggunakan batu andesit dan di beberapa tempat menggunakan Chimney Drain. Elevasi puncak bendungan pelana +114,5 m.dpl. Panjang bendungan pelana ini 330 m, tinggi maksimum 12,5  m. Berikut ini disajikan citra satelit Bendungan Pelana Ciganea.

 

Citra satelit Bendungan Pelana Ciganea (Sumber : Google Earth)

Bendungan Pelana Ubrug

Bendungan Pelana Ubrug juga merupakan bendungan tipe Homogenous Earth Fill sama dengan Bendungan Pelana Pasir Gombong dengan penutup menggunakan batu andesit dan di beberapa tempat menggunakan Chimney Drain. Elevasi puncak bendungan pelana +114,5 m.dpl. Panjang bendungan pelana ini 550 m, tinggi maksimum 17 m dilengkapi dengan pelimpah bantu. Berikut ini disajikan citra satelit Bendungan Pelana Ubrug.

 

Citra satelit Bendungan Pelana Ubrug (Sumber : Google Earth)

Pelimpah bantu di Bendungan Pelana Ubrug memiliki 4 (empat) buah pintu dengan lebar 12,4 meter, elevasi lantai pelimpah + 102 m.dpl dengan kapasitas pelimpah 2000 m3/det. Berikut ini disajikan denah bendungan pelana ubrug dan foto pelimpah bantu.

Foto pelimpah pembantu Ubrug

 

Denah pelimpah pembantu Ubrug

 

Tulisan terkait  :

Sekilas Tentang Bendungan Ir.H.Djuanda Jatiluhur

 

 

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: