Hollow Jet Valve

Oleh : Andrijanto, Rahmat Sudiana

Bendungan mempunyai pintu pengeluaran pada bagian bawahnya, yang berfungsi sebagai salah satu prasarana yang mengatur pengeluaran air dari waduk ke bagian hilir. Ada beberapa jenis pintu yang biasa digunakan, pada Bendungan Jatiluhur pintu pengeluaran tersebut disebut Hollow-jet Valve.

Ada beberapa macam valve (katup) yang dipasang di bendungan (beberapa bendungan menggunakan valve sebagai pintu pengeluaran), yang macamnya tergantung dengan kebutuhannya. Tujuan utama dari pemasangan valve pada pintu pengeluaran tersebut adalah untuk mengatur pengeluaran air dari waduk ke hilir dan yang paling penting adalah untuk meredam energi air yang keluar. Bila tidak diredam, energi air tersebut dapat merusak batuan dan tanah disekitarnya, atau struktur bangunan di dekatnya. Ada empat tipe valve yang biasa dipasang di bendungan, yaitu: Hollow-jet valve, Fixed Cone valve, Ring-jet valve dan jet flow gate.

  • Fixed cone valves, dikenal juga dengan nama Howell-Bunger valves, berasal dari nama pembuatnya C.H.Howell dan H.P. Bunger pada tahun 1935 dan pertama kali dipasang pada Bendungan El Vado, New Mexico, USA. Penggerak dapat dioperasikan secara manual, tenaga listrik maupun hidrolik. Berbentuk pipa bundar dengan selubung yang dapat diatur maju mundur. Besar aliran tergantung jarak antara cone dan selubung. Mampu bekerja hingga beda tinggi 300 m.

Gambar 1: Foto Howell-Bunger valves

  • Hollow jet valves, disebut juga needle valve. Valve jenis ini paling banyak dipakai. Konstruksinya mirip dengan howell-Bunger valve, dengan perbedaan terletak pada bagian dalam yang berbentuk seperti jarum dan memiliki sirip radial yang berguna mengarahkan aliran. Bagian yang digerakkan adalah valve sleeve.

Gambar 2: Foto Hollow-jet valve kanan Bendungan Ir. H. Djuanda

  • Ring jet valves mirip dengan howell-Bunger valve, tetapi memiliki pring penahan yang dapat mengalirkan aliran membentuk penampang yang sempit. (berbeda dengan hollow-jet valve yang mengeluarkan air melebar agak ke samping). Ring jet valve cocok untuk beda tinggi hingga 50 m.


Gambar 3: Foto Ring-jet valve

  • Jet flow gate, mirip dengan gate valve tetapi dengan hambatan berbentuk kerucut pada bagian ujung bertujuan untuk membuat aliran berbentuk jet. Dikembangkan oleh United States Bureau of Reclamation pada tahun 1940. Dapat digunakan untuk beda tinggi hingga 150 m.

Bendungan Jatiluhur memiliki sepasang Hollow-jet Valve. Gambar di bawah menunjukkan lokasi dan foto Hollow-jet valve di Bendungan Jatiluhur.

Gambar 4: Lokasi Hollow-jet Valve di Menara Pelimpah Utama Morning Glory Bendungan Jatiluhur

Gambar 5: Foto Sepasang Hollow-jet Valve Bendungan Jatiluhur dilihat dari atas menara pelimpah utama.

Berdasarkan spesifikasi teknis yang diberikan oleh Neyrpic – Greboble (pembuat Hollow-jet valve Bendungan Jatiluhur), masing-masing Hollow-jet valve memiliki diameter 3.850 mm, dengan pipa dari intake hingga ke pengeluaran memiliki panjang 17 m. Hollow-jet valve dapat dioperasikan dengan cara manual maupun tenaga listrik. Pengoperasian manual dilakukan langsung di lokasi hollow-jet valve yang berada di plafon ruang pembangkitan.

Komponen hollow-jet valve Bendungan Jatiluhur terdiri dari:

Body             :  dibuat dari welded steel plate dan terdiri dari flanged cylinder di bagian depan (hulu) yang terhubung dengan valve cone dibagian belakang. Silinder dibuat dari bahan stainless steel dan mempunyai 4 buah sirip radial.

Valve sleeve   :           terdiri dari steel plate silinder yang terhubung dengan dua buah batang yang berfungsi sebagai batang penggerak. Pembukaan valve maksimum 1.310 mm yang bergerak kearah depan. Valve sleeve merupakan bagian bergerak yang digerakkan oleh batang hidrolik. Air keluar melewati celah antara cone dan valve sleeve.

Cone            :  berbentuk kerucut ke arah dalam yang terletak di bagian ujung body. Cone duduk pada as dan sirip radial, dengan dudukan yang tetap (tidak bergerak).

Seal              :  profiled rubber.

Secara teknis kebutuhan air di hilir Bendungan Jatiluhur dapat dipenuhi melalui air yang dikeluarkan melalui turbin. Ada 6 buah turbin pembangkit listrik dengan kapasitas alir maksimum masing-masing sebesar 45 m3/s pada elevasi muka air waduk +107 m.

Berarti debit sebesar 270 m3/s dapat dilewatkan ke hilir bila ke enam turbin pembangkit listrik jalan. Kebutuhan air di hilir sepanjang tahun tidak pernah melebihi 270 m3/s. Namun demikian pada waktu-waktu tertentu hollow-jet valve harus dibuka karena kebutuhan air di hilir sebagian tidak dapat dipenuhi melalui turbin, karena misalnya terjadi kerusakan unit pembangkit atau ada pekerjaan overhaul unit pembangkit, atau pada kondisi elevasi muka air di bawah intake turbin, sehingga satu-satunya jalan keluar air ke hilir hanya melalui Hollow-jet Valve.

Sebagaimana bagian-bagian lain dari bendungan, hollow-jet valve perlu dipelihara. Jadwal inspeksi dan pemeliharaan mengacu pada manual yang disediakan Neyrpic – Grenoble. Khusus untuk bangunan sipil (bagian yang tidak bergerak), sebagai dudukan hollow-jet valve, juga dilakukan inspeksi rutin. Inspeksi ini dilakukan secara visual dengan mengamati struktur di sekitar hollow-jet valve.

Gambar berikut adalah foto inspeksi pada tanggal 2 Desember 2009.

Gambar 6: Kavitasi

Foto di samping adalah kondisi bidang pertemuan antara lantai beton hollow-jet valve kanan dengan dinding (dilapis pelat baja) yang mengalami kavitasi. Terlihat juga pelat baja mengalami korosi yang cukup parah. Jalan satu-satunya untuk mencapai lokasi ini adalah menurunkan petugas inspeksi menggunakan derek di atas menara, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan tali tambang turun perlahan ke lantai bawah. Nampak dalam foto Bapak Supangat, tenaga senior, yang ikut dalam inspeksi. Salut buat Bapak Supangat.

Gambar 7:  Kurungan Baja

Foto di samping adalah kurungan baja yang digunakan untuk menaik turunkan petugas ke lokasi hollow-jet valve, menggunakan salah satu derek yang ada di atas menara pelimpah utama Morning Glory.

One Response to Hollow Jet Valve

  1. dadan says:

    sampai berapa tahun lagi umur desain katup hollowjet p?tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: