Diskusi-Konsultasi

Asban Basiran & Supangat

Halaman ini diperuntukkan bagi siapa saja para pembaca dan pemerhati bendungan sebagai sarana untuk diskusi seputar permasalahan bendungan, pengoperasian dan pengelolaannya. Forum ini juga bisa dijadikan sarana konsultasi dan sharing pengalaman mengenai bendungan dan permasalahannya. Apabila berkenan tenaga ahli dan tenaga senior kami akan menanggapi dan berdiskusi dengan pembaca sekalian. salam……

30 Responses to Diskusi-Konsultasi

  1. Reni Mayasari says:

    Dear Pak Asban & Pak Supangat,

    Pak, saya mau bertanya, boleh tidak?
    Kira2 apakah bendungan kita masih aman??
    mau di cat lagi ga pak? kalo di cat lagi apakah berpengaruh tidak dengan keamanan bendungan??
    Terima kasih, ditunggu pak jawabannya.

    Best Regards,
    Reni

    • supangat says:

      Dear Reny,
      Sejauh ini dari hasil pemantauan instrumen maupun pengamatan visual, Bendungan Ir. H. Djuanda masih dalam keadaan aman.
      Fenomena yang paling perlu diwaspadai -dalam tanda petik- di Jatiluhur Dam adalah deformasi, namun semua pergerakan arah vertikal maupun horisontal, baik di permukaan maupun di dalam tubuh bendungan serta di menara Morning Glory-nya, masih dalam koridor yang diizinkan.
      Tentang pengecatan Menara Morning Glory, itu tidak perlu, bahkan cat yang sekarang sudah mulai terlihat pudar, saya sarankan dihilangkan. Kembalikan ke keadaan warna beton asli. Pengecatan konstruksi bangunan air tidak ada gunanya, bahkan akan menimbulkan biaya perawatan yang mahal.

      Wass.

  2. ario akbar lomban says:

    selamat siang pak … saya ario akbar dari seksi monitoring kantor air dan limbah otorita batam, saya mau menanyakan apakah ada program diklat terkait keamanan bendungan dalam waktu dekat ini.terima kasih

  3. jatiluhurdam says:

    Pa ario yth,

    mohon maaf responnya terlambat, mengenai diklat untuk bendungan akhir-akhir ini belum ada.biasanya karyawan kami pun mengikuti diklat tentang keamanan bendungan di kemen PU Balai Bendungan Jakarta. Biasanya Balai Bendungan Selalu mengadakan berbagai diklat terkait bendungan dan keamanan bendungan.Tahun ini belum ada undangan diklat dari balai bendungan untuk instansi kami. Bulan Desember 2010 lalu, kolega kami berkenalan dengan salah satu peserta “Pelatihan Monitoring Instrumentasi Bendungan” di Bandung. Peserta tersebut utusan BWS Sumatera IV BATAM. Info balai bendungan dapat dilihat di website resmi kemen PU.

  4. Rayhan says:

    Salam,
    Mohon dijelaskan hubungan nama Djuanda dgn Bendungan ini (Jatiluhur)?

  5. jatiluhurdam says:

    Sdr Rayhan,

    Orang lebih mengenal bendungan jatiluhur daripada bendungan ir.h.djuanda. Senyatanya nama resmi bendungan jatiluhur adalah bendungan Ir.H.Djuanda. Nama ini dipakai sebagai penghormatan karena pada saat pembangunan bendungan jatiluhur perdana menteri pada saat itu adalah Ir.H.Djuanda dan presiden pada saat itu Ir.Soekarno.

  6. Ass., Wr., Wb,

    Ikut nimbrung dan agar lebih semarak pa Admin…dan
    Agar dapat dibaca oleh rekan-2 yang lain yg belum mengetahui (mungkin bisa untuk tambahan pengetahuan), sy ingin bertanya (karena pada saat bertemu langsung “Sesepuh-2/Orang Tua” Bendungan sy selalu lupa –> ini mumpung lagi ingat)…

    1. Bagaimana penjelasan tentang “sumbu timbangan” yg memotong Sungai Citarum (dimana sumbunya ditafsirkan di dekat PT. Texfibre), yg mengakibatkan posisi miring dan tegaknya morning glory

    2. Sejak kapan hal tersebut ditemukan? dan apakan sudah ada pengukuran pastinya mengenai ; dimensinya dsb?

    3. Dalam jangka panjang apakah ada pengaruhnya terhadap Konstruksi bangunan-2 air di sekitarnya?

    4. Apakah hal tersebut ada kaitannya dengan “patahan utama jawa barat” (sesar Sukabumi) yang memotong Jawa Barat dari Sukabumi ke Karawang?

    demikian pa
    Wassalam M, Wr., Wb…

  7. jatiluhurdam says:

    Sdr Hendra R

    Wa’alaikum salam wr wb.

    1 & 2. Tentang kondisi seperti “sumbu timbangan” atau spt jungkat-jungkit, bermula dr hasil pengukuran deformasi bendungan dan bangunan pelengkapnya, khususnya pengukuran arah vertikal (z) yg membingungkan. Ternyata setelah diteliti hal ini terjadi karena titik referensi yang dipakai bergerak. Dari penelitian lebih lanjut, diperoleh satu titik yg tidak terpengaruh oleh fluktuasi air waduk, yaitu ttk RN 50.

    3 & 4. Hal inilah salah satu alasan yg menjadi dasar kita membatasi pengoperasian sampai minimal pada elevasi TMA +90 m dpl. Kalau terlalu sering menara kita naik turun secara drastis, dikhawatirkan terjadi gejala “kelelahan” konstruksi. Untuk lebih rinci sejauh mana akibatnya, kita sudah usulkan/memasukkan penelitian hal tsb pada TOR ‘Special Study Jatiluhur Dam’ yg didanai oleh DOISP dan insya Allah dilaksanakan pd tahun ini.

    Demikian penjelasan singkat dr kami, khusus ttg deformasi bendungan serta bangunan pelengkapnya, insya Allah pd kesempatan lain akan kami tampilkan di forum ini.

    Terima kasih partisipasinya.
    Wassalam

  8. M. ihsan says:

    ass,,wr,wb..

    selamat malam pak,,insyaallah dalam waktu dekat ini saya ingin berkunjung ke PLTA jatiluhur..
    saya ingin berkonsultasi mengenai teknik optimasi waduk sistem kaskade (serial);

    1.metode apa yang pas digunakan untuk mengoptimalkan jumlah air masuk dan keluar pada waduk pola kaskade seperti pd waduk jatiluhur (program linier atau dynamic programming)?

    2.kebetulan sebulan yg lalu saya PKL di PLTA jatiluhur dan ingin menanyakan hal ini,tapi saya bingung harus menghubungi siapa

    mohon bantuannya pak,terimakasih sebelumnya..

    • mas ihsan sedang menyusun tugas akhir ya? kuliah dimana?saya juga sedang mempelajari optimasi, kalau ad ainfo mohon bagi2 ya..makasi

  9. rosselina says:

    Ass. kami mendapatkan tugas dari fieldtrip ke waduk jatiluhur kemarin. dan masalah yang kami bahas adalah Pengelolaan terpadu antar daerah dari aliran sungai di era otonomi daerah, bagaimana tanggapan pihak jatiluhur ? Wass.

  10. Akbar Harahap says:

    Ass.wr.wb

    Dari fungsi Bendungan Ir H juanda merupakan bendungan multiguna, dimana salah satu gunanya memasok air baku untuk minum.
    terlihat dari data adanya pemantauan data kualitas air.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Berapakah Volume dan VE Bendungan berdasarkan pemeruman atau pengukuran terakhir
    2. Bagiamana menjaga kualitas air di resevoar dan dari Catchment area (4.500 km2) terutama hubungannya dengan pesatnya pertumbuhan pembangunan industri dihulu.
    demikian, Terima kasih
    salam
    Akbar

    • jatiluhurdam says:

      Sdr Akbar Hrhp,

      Wa’alaikum salam wr wb.
      1. Sebetulnya sudah pernah dilakukan pengukuran bathymetri pd 2010 yl., namun data yg diperoleh sampai sekarang belum resmi dipakai sbg dasar operasi waduk, shg dlm perhitungan neraca saat ini masih menggunakan data thn 2000, dimana volume = 2.448 milyard m3 dan vol eff. = 2.330 milyard m3
      2. Menjaga kualitas air di reservoir maupun inflow dr catchment area, tidak dpt dilakukan oleh pjt2 sendirian. Hal ini hrs dilaksanakan terpadu dengan seluruh stake holder yg berkaitan dng S Citarum. Dimulai dengan reboisasi di catchment area, kesadaran seluruh pihak bhw sungai bukan bak sampah atau bahkan septic tank, sampai bhw keseimbangan alam di segala sisi sangat harus dijaga.

      terima kasih perhatiannya dan wassalam.

  11. chandra says:

    Selamat siang, saya ingin bertanya, apakah TMA merupakan hasil pengukuran langsung?

    • andrijanto says:

      Yth. Pak Chandra.

      Tinggi Muka Air (TMA) merupakan hasil pengukuran langsung. Di Bendungan Ir. H. Djuanda TMA yang dipantau adalah TMA di waduk dan di tailrace (saluran buntut). Head untuk pembangkitan adalah selisih antara TMA di waduk dengan TMA di tailrace.

      Salam.

  12. Aos Uswadi says:

    assalamualaikum…
    Pak saya mau tanya cara berkunjung kesana bagaimana yah??? mungkin bisa dikirim no CP dan emailnya?

    • jatiluhurdam says:

      kirim surat permohonan kunjungan ke Direktur Utama perum jasa Tirta II. alamatnya : Jln. Lurah kawi No.1 jatiluhur purwakarta.
      berikan rincian kunjungannya kapan?
      jumlah pengunjungnya sekitar berapa orang?
      tujuan kunjungan?
      surat dicap dan ditandatangan pejabat kampus /ketua rombongan/ pejabat yg berwenang kemudian di fax ke 0264-201982 atau 0264-201971.
      surat akan direspon oleh sekretaris perusahaan apabila kunjungan disetujui akan ada disposisi atau instruksi untuk menerima kunjungan tersebut.
      terimakasih.

  13. Yth Pak Andrijanto,
    Foto Prof Blommestein yg anda pasang kok tidak mirip dengan Blommestein yg saya kenal ? Sumber foto itu dari mana ? Foto yg benar pernah dimuat di Harian Kompas. Mungkin masih bisa ditelusur file-nya.
    Salam hormat,

    • jatiluhurdam says:

      baik, terimaksih atas kritiknya dan mohon maaf atas kesalahannya..dan mohon bantuannya apabila bapak mempunyai foto blommestein yang sebenarnya untuk bisa di email ke siemonbend@yahoo.com
      terimakasih…

  14. ami says:

    Aslm, pak

    saya mau bertanya, apakah masalah sedimentasi menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi oleh waduk Jatiluhur?
    Apakah ada masalah lain yang ditimbulkan oleh sedimen selain mengurangi kapasitas waduk?

    Terima kasih😀

    • jatiluhurdam says:

      Pada dasarnya sedimentasi merupakan permasalah setiap waduk di dunia. Pada saat jatiluhur “single dam” di aliran sungai citarum sedimentasi merupakan salah satu masalah yang diperhitungkan. Pembangunan waduk Saguling dan Cirata di sebelah hulu waduk jatiluhur secara teori “menguntungkan” waduk jatiluhur karena setelah survey batimetri yang dilakukan Tahun 2000 oleh Puslitbang SDA Kementerian Pekerjaan Umum laju sedimentasi di waduk jatiluhur menjadi berkurang dibandingkan dengan periode sebelumnya. Sedimentasi selain mengurangi kapasitas waduk akan merugikan bagi bendungan-bendungan yang didesain untuk PLTA sebab sedimen akan mengancam beranda pengambilan (intake) turbin dan jika tidak diantisipasi akan menutup bagian tersebut. Dalam desain bendungan, desainer sudah harus memperhitungkan berapa besar sedimen yang akan masuk ke waduk dan berapa lama umur layanan waduk yang direncanakan.

  15. jean says:

    selamat malam, mau tanya.
    berapa debit air sewaktu intensitas curah hujan dan berapa debit air sewaktu cuaca normal?

  16. citra purwanto says:

    selamat malam pak,,,,
    saya cita purwanto dari mahasiswa unissula sya sedang ada tugas untuk membahas bendungan jatiluhur,,saya mau nanya ,
    1. apa aja problem2 pda saat pembangunan,
    2,bagaimana mengatasi masalah itu
    3. apa aj problem2 setelah bangunan itu selesai dan solusinya,,,,

    terima kasih

    • jatiluhurdam says:

      Problem utama yang menjadi sorotan adalah pada saat detail desain, ditemukan lapisan bidang gelincir di fondasi hilir bendungan yang berpotensi membahayakan keamanan bendungan. Pengangkeran dilakukan sebagai upaya memperkuat fondasi bendungan dan menahan potensi pergerakan yang membahayakan. akibat ditemukannya bidang gelincir tersebut desain bendungan jatiluhur yang tadinya melengkung ke arah hilir dirubah menjadi hampir lurus. hal ini menyebabkan terjadinya retakan pada bagian Access gallery yang selanjutnya disebut joint 0 (nol). Pada retakan ini terdapat bocoran yang debitnya dipantau terus menerus dan dianalisis trennya. Bocoran bening dan tidak membawa material bendungan sehingga dianggap tidak membahayakan, namun demikian pengukuran dan pemantauan tetap dilakukan guna menganalisis tren dan perilaku bocoran tersebut. Selengkapnya silahkan simak artikel Desain Bendungan Jatiluhur. Terima kasih..

  17. Rayhan says:

    Assalamua’laikum….
    maaf saya mau tanya…
    1.kira-kira dalam perencanaannya usia pakai bendungan ini di desain untuk berapa tahun?
    2. dan setelah saya baca artikel ini ternyata pada pelaksanaan pekerjaannya tidak berjalan lancar (seperti pembuatan bendungan pelengkap yang bukan oleh pihak asing pengerjaannya, pelimpah darurat yang tidak pernah dioperasikan, adanya pergeseran / gelincir pada tahap pembuatan dll) apakah usia pakainya akan maksimal?
    3. menutup perkiraan berapa sisa usia pakai bendungan ini terhitung dari tahun 2012?
    4. sudah adakah rencana merehabilisasi total bendungan ini untuk meningkatkan usia pakainya, selain hanya pemeliharaan (mengingat Vitalnya peranan Bendungan ini untuk irigasi, industri dll)?
    dan satu lagi…kenapa pelimpah pembantu tidak diselesaikan pekerjaannya dengan desain awal (jika masalah biaya kan ada program DOISP dari pemerintah) ?
    sekian mohon penjelasannya
    Wassalamu’alaikum…..

  18. sonia says:

    permisi saya ingin bertanya bagaimana cara menentukan kualitasair yang baik pada waduk jatiluhur?
    sebelumnya terimakasih..

  19. warsito@peruri.co.id says:

    Assalamu’allaikum wrh wbr . pak Mohon bantuan saya tinggal di wilayah Karawang selalu kena dampak banjir darii Sungai Citarum Hilir… dengan ketinggian air s/d hari ini 108,07 m apakah dalam posisi aman? dan tidak ada rencana untuk membuka secara sporadis seperti th 2010

  20. yanto says:

    assalamua’laikum saya yanto dari karawang.
    saya mau tanya untuk malam nanti ada pembukaan pintu di waduk jati luhur? kira-kira sampai karawang berapa jam mohon informasinya

  21. Assalamualaikum wr.wb

    Ada beberapa pertanyaan yang saya perlukan jawaban mengenai pariwisata di bendungan jatiluhur terkait bahan penelitian saya. saya sudah browsing mengenai pariwisata di sana namun belum mendapatkan data yang tepat. yang saya perlukan adalah:
    1. atraksi wisata apa saja yang terdapat di bendungan jatiluhur serta letak lokasi atraksi tersebut?
    2. infrastruktur apa saja yang mendukung kegiatan pariwisata disana?
    3. organisasi apa yang mengelola pariwisata di bendungan jatiluhur?

    mohon bantuan informasi ya terima kasih.

    salam pariwisata

  22. fla says:

    asswrwb
    saya fla dari POLBAN , mau tanya…
    berapa kira2 biaya pemeliharaan rutin dan berkala untuk bendungan jatiluhur?
    terimakasih

    fla_gbu@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: